Simple blog to share

Jika anda sudah bisa memahami & mencari nilai maximum (nilai tertinggi) di excel pada tutorial sebelumnya, maka untuk mencari nilai rata-rata (average) pada excel sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan rumus =average(number1,[number2], ...).

cara-mencari-nilai-rata-rata-di-excel

Pada contoh kali ini hasil dari pencarian nilai rata-rata (average) akan diletakkan pada cell B5, yang mana datanya akan dicari dari range B1 hingga C4. Silahkan anda masukkan data angka (berwarna merah) sesuai dengan posisi cell masing-masing, jika anda belum memilikinya. Untuk lebih paham tentang range dan cell silahkan anda buka halaman tutorial mengenal excel.

Berikut merupakan cara untuk mencari nilai rata-rata pada excel:

  1. Tempatkan pointer pada cell B5, kemudian ketik =average(

  2. cara-mencari-nilai-rata-rata-pada-excel

  3. Arahkan pointer ke cell B1 dengan keyboard anak panah atas, kemudian tekan Shift sambil arahkan pointer ke bawah hingga ke cel C4 dengan anak-panah kiri & bawah.
    Atau dengan kata lain blok data dari cell B1 hingga cell C4 seperti tampak pada gambar

    Note: Selain menggunakan anak panah untuk mengeblok range data, anda juga dapat menggunakan mouse untuk mengeblok/menyeleksi datanya.

  4. nilai-average-di-excel

  5. Akhiri rumus yang anda masukkan dengan menekan kurung tutup ) dan tekan Enter.
    Lihat hasilnya. Perhatikan tampilan rumus/formula yang tampak pada kolom E.

  6. cara-mencari-nilai-tertinggi-dalam-excel

Demikian prinsip panduan excel untuk mencari nilai/angka rata-rata dari range data yang ada secara simple. Dengan memahami cara kerja formula excel, maka kedepannya anda akan lebih mahir mengolah data dengan excel meski jumlahnya banyak sekali, ribuan bahkan hingga puluhan ribu data.
Silahkan anda buka halaman tutorial excel lengkap untuk menguasai excel lebih cepat.

5 comments:

  1. hahaha duh jadi inget jaman2 SMP belajar excel dan rumus2nya... xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bagi yang sudah berpengalaman dan mahir excel seperti mas Ivan tidak masalah, namuan cara menghitung nilai rata-rata di excel bagi sebagian orang masih perlu pemahaman bagiaman cara kerja operasi rumusnya dalam excel

      Delete
  2. betul mas, ini saya share juga pengalaman saya belajar excel secara mudah, step by step untuk memahami cara kerja fungsi excel, agar dapat dipelajari juga oleh mereka khususnya yang baru mengenal excel. thanks banget mas atas komentarnya.

    ReplyDelete
  3. Ini sering saya pakai di kantor, terutama untuk mengolah nilai. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Dzaki, kelihatannya cara menghitung nilai rata - rata di microsoft excel sederhana, namun ini merupakan salah satu rumus dasar yang paling sering digunakan,

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.