Simple blog to share

Pada kali ini akan dibahas tentang rumus pengurangan dengan excel. Pada dasarnya rumus pengurangan sama mudahnya dengan anda melakukan penjumlahan dalam excel.
Pada tutorial sebelumnya telah dibahas tentang cara mengenal microsoft excel, dan bagaimana melakukan penjumlahan pada lembar kerja excel. Setelah anda memahami prinsip bagaimana excel bekerja melakukan pernghitungan maka untuk kelanjutannya anda akan lebih mudah melakukan berbagai operasi matematis dengan excel.

Di excel yang dibahas secara sederhana ini anda bisa berlatih secara bertahap untuk mendapatkan cara-cara yang esential (prinsip/pokok) sehingga kedepannya anda dapat mengoperasikan excel dengan data yang lebih rumit tanpa harus merasa bingung. Yang perlu anda lakukan dalam berlatih excel adalah menghafal rumus satu persatu secara secara pelan-pelan dan fokus pada latihan ini.

Pada tahap awal saya mengingatkan bahwa excel adalah sebuah fungsi/rumus, yang mana setiap kali anda akan melakukan perhitungan anda harus dan harus menggunakan awalan tanda = (sama dengan). Jika anda belum membaca "Belajar Mengenal Ms.Excel" dan "Melakukan Operasi Penjumlahan dengan Ms.Excel", maka baca juga untuk mengenal karakter excel.

Ok, pada tutorial kali ini anda akan melakukan prinsip operasi pengurangan excel dengan contoh pengurangan operasi 15-5-4. Untuk mengarahkan mouse ke cell tertentu karena jumlah datanya sedikit, gunakan tanda anak panah.
(Data masih menggukan data latihan sebelumnya)

  1. Klik mouse pada cell B4, ketik = (sama dengan) dan arahkan kursor ke cell B1 dengan anak panah atas keyboard dan ketik - (minus); langsung arahkan lagi kursor ke cell B2 dan ketik - (minus); arahkan kursor ke cell B3, tekan Enter.
  2. Selesai. Untuk melihat operasi rumus yang anda masukkan tekan F2

Perhatikan gambar berikut:

pengurangan-excel

Pada gambar di atas, dilakukan operasi pengurangan excel yang mana cell B1-B2-B3 sehingga didapat nilainya. Anda dapat melihat cell aktif yang masuk operasi penghitungan dengan menekan F2 keyboard pada cell B4.

Jadi untuk melakukan pengurangan pada excel secara prinsip rumusnya adalah sebuah cell dikurangi dengan cell tertentu, yang mana cell tersebut sama-sama memiliki nilai

Sebagai latihan awal silahkan anda coba pelan-pelan dan fokus agar tidak salah.
Untuk panduan excel lengkap silahkan buka halaman khusus tutorial excel.

2 comments:

  1. saya masih ngurangi satu satu
    gk tau bahwa ada cara yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengurangan di excel sebenarnya mudah ko asal bisa memahami awal prinsip kerja excel, mas

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.