Simple blog to share

Program apa saja yang harus ada setelah instal ulang? Program penting apa saja untuk komputer/laptop yang harus anda miliki? Banyak teman saya yang bertanya ketika membeli laptop baru ataupun setelah install ulang laptopnya. Di bawah ini akan dijelaskan dan diberikan link tautan download buat anda yang belum memiliki program penting dan sekaligus untuk mengingatkan anda setelah anda memiliki sistem operasi baru khususnya windows.

Daftar-Software-yang-harus-ada-di-laptop

Jika anda baru saja membeli latop dan sudah terinstall windows maka inilah saran buat anda.
Windows 7 datang dengan banyak tool untuk yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya dalam aktivitas sehari-hari, begitu juga dengan windows 8. Namun tahukan anda bahwa di balik windows yang anda gunakan saat ini, masih terdapat beberapa program esensial yang seharusnya anda miliki untuk meningkatkan fungsinya dalam tugas dan hobi anda sehari-hari.

Beberapa program berikut memiliki fitur yang sangat bermanfaat untuk anda, silahkan anda baca terlebih dahulu penjelasan lengkap bagiamana program-program ini sangat dibutuhkan. kemudian anda install. Kecuali jika program pada komputer anda sudah terinstall bersamaan dengan cd windows bawaannya.

Ok, inilah program penting yang harus ada di windows anda :

  1. Ms. Security Essential
  2. Buka spoiler berikut:
    Program penting untuk komputer/laptop yang pertama adalah Anti Virus. Karena ini merupakan portal pertama untuk keamanan dan kenyamana anda selama anda menggunakan laptop, baik keamanan data dari kerusakan yang disebabkan karena virus maupun keamanan selama anda melakukan kegiatan online dari aktifitas negatif seperti spyware. Ms security essenstial merupakan antivirus dari official microsoft. Antivirus ini cukup bagus untuk anda yang sering online untuk menghidarkan anda dari pishing ( program jahat yang mata-mata anda ketika sedang online ). Saya sendiri mengandalkan windows security essenstial. Hasil scaning virus dan spywarenya sangat bagus. Silahkan anda lihat kelebihan windows security essentials
    Buka spoiler berikut:
    windows-defender-software-antivirus-bawaan-windows


  3. Program Office
  4. Buka spoiler berikut:
    Ketika anda menggunakan laptop dapat dikatakan bahwa program office yang paling sering anda gunakan untuk menulis. Anda dapat menginstal ms.office dari miscrosoft(berbayar) ataupun open office (gratis). Ini merupakan program penting yang hampir setiap hari digunakan. Anda dapat mendownload open office pada halaman ini, download program open office terbaru. Alternatif program office yang juga gratis adalah libre office, anda dapat mendownloadnya pada website ini, download software libre office terbaru. Sebaiknya anda memilih/menginstall salah satu saja di antara program gratis tersebut, mana yang peling baik menurut anda.
    Buka spoiler berikut:
    program-penting-untuk-laptop-ms-office
    Ms Office

  5. Foxit Reader
  6. Buka spoiler berikut:
    Foxit reader berguna untuk membaca file pdf. Jika di dalam windows 7 (8) belum ada atau anda belum pernah mencoba foxit reader maka anda patut mencoba dan meninstall program ini. Dibandingkan dengan adobe reader, program ini jauh lebih kecil dan ringan filenya. Anda dapat mengunakan foxit reader secara free, silahkan anda download foxit reader terbaru di halaman website resminya. Atau anda ingin download adobe reader terbaru.
    Buka spoiler berikut:
    download-foxit-reader-terbaru
    Foxit Reader

  7. 7 zip
  8. Buka spoiler berikut:
    7zip merupakan software kompresi free (open source). 7 zip dapat membuka semua file zip seperti winzip dan winrar. Selain itu ia juga dapat membuka/mengekstrak file bertipe .iso, tar, tgz, dll. Selain itu 7zip sudah support bahasa indonesia. Untuk mengaktifkan semua pilihan agar support semua file, klik Setelan > Pilihan. Untuk mengganti bahasa yang anda inginkan klik pada tab Bahasa. Anda dapat mendownloadnya secara free. Silahkan anda buka halaman download 7 zip terbaru. Anda dapat menggunakan tool kompresi lainnya seperti winrar atau winzip, namun kedua software ini berbayar.
    Buka spoiler berikut:
    aplikasi-zip-gratis-7zip
    7zip
  9. Vlc Media Player
  10. Buka spoiler berikut:
    Selama menggunakan vlc media player saya sendiri sangat puas. Bahkan program-program fenomenal yang dulu booming dan saya anggap bagus seperti winamp bisa tergantikan. Vlc player merupakan media player, encoder dan streamer gratis yang dapat memainkan cd, dvd, dan streaming online yang support banyak format audio dan video. User interfacenya mudah, memiliki equalizer dafault dan custom. Untuk mengubah opsi agar support semua file maka klik menu Tool > Presefernce > Vlc media player merupakan player multi fungsi dan support semua tipe file audio ataupun video, ringan dan tidak banyak memakan resouce memori laptop/pc sehingga bisa anda andalkan untuk hiburan anda. Silahkan anda download vlc media player terbaru pada tautan halaman web ini. Aplikasi lain selain vlc media player yang dapat anda pertimbangkan (namun sebaiknya anda menginstal salah satu) adalah windows essential codec pack. Aplikasi ini juga free untuk anda gunakan. Anda dapat memperolahnya pada halaman website ini; download windows essential codec pack terbaru.
    Buka spoiler berikut:
    vlc-preference-program-yang-harus-ada-di-windows
    VLC Media Player Settings

    vlc-media-player-program-program-yang-harus-ada-di-windows
    VLC Media Player Settings

    vlc-program-yang-harus-ada-di-windows
    VLC Media Player Settings

  11. Google Chrome
  12. Buka spoiler berikut:
    Meskipun browser internet default yaitu internet explorer sudah termasuk dalam instalasi windows namun itu hanyalah sebuah alternative. Google chrome lebih powerful, lebih stabil ketika digunakan, jarang crash (memory leak) dan support semua update perkembangan script media online seperti perkembangan java, perkembangan css (dalam halaman web), perkembangan flash. Anda dapat download google chrome terbaru.
    Buka spoiler berikut:
    program-penting-untuk-laptop-pc-google-chrome
  13. Winpdf
  14. Buka spoiler berikut:
    Jika Foxit reader hanya digunakan untuk membaca dan menampilkan file-file pdf, maka winpdf merupakan tool untuk membuat file pdf. Win pdf merupakan software free/gratis yang bisa anda download dan diinstall ke komputer anda. Winpdf merupakan tool ringan untuk membuat file pdf. Ukuran filenya cuma 9 Mb, sangat ringan. Ketika anda menggunakan program ms.word, anda bisa saja langsung membuat file pdf dari word, anda cukup klik menu File> Save As > kemudian pada pilihan Save as type anda tinggal pilih .pdf. Namun bagimana jika anda menggunakan program lain yang tidak bisa melakukan print pdf secara langsung seperti dari notepad/notepad++ ke pdf, dari ms.paint ke pdf, ataupun dari program lain yang anda install. Anda dapat mengunduhnya pada halaman web ini; download winpdf terbaru - software pembuat pdf gratis.
    Buka spoiler berikut:
    winpdf-program-program-yang-harus-ada-di-windows
  15. Infra Recorder
  16. Buka spoiler berikut:
    Meski melalui windows anda dapat langsung melakukan burning ke cd, namun akan lebih mudah menggunakan software ini. Dibandingkan dengan Nero Burning ukuran filenya jauh lebih kecil ke mana-mana. Ukuran file infra recorder kurang lebih hanya 4 Mb. Tampilannya pun sangat familiar seperti windows explorer. Anda dapat mendownloadnya pada halaman web ini; download software burning cd/dvd gratis infra recorder. Selain infra recorder, ada alternatif yang sama bagusnya untuk anda gunakan secara gratis yaitu CD Burner XP. Silahkan anda baca juga Cara Burn CD/DVD Dengan Menggunakan Infra Recorder, atau Cara Burn CD/DVD dengan CD Burner XP.
    Buka spoiler berikut:
    infra-recorder-software-untuk-burn-cd
  17. Windows Essential
  18. Buka spoiler berikut:
    Windows essential yang sebelumnya disebut windows live essential atau windows live installer merupakan seperangkar aplikasi freeware yang terdiri dari e-mail, instant messaging, photo-sharing, blog publishing, dan security services. Anda dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini secara maksimal untuk menunjang aktivitas anda ketika berada di depan laptop/pc. Silahkan anda pada halaman web ini; download windows essential terbaru.
    Buka spoiler berikut:
    program-penting-yang-harus-ada-di-laptop-komputer-windows-essential
  19. Unistaller
  20. Buka spoiler berikut:
    Meski windows memiliki uninstaller defualt yang dapat dibuka melalui Control Panel (start menu > control panel > programs > uninstall program & feature), namun dengan uninstaller tambahan/khusus dapat meng-uninstal program yang anda buang secara bersih sampai ke registrynya. Beberapa uninstaller yang dapat anda gunakan saah satu misalnya Ccleaner, revo uninstaler, dan tuneup utilities.
    Buka spoiler berikut:
    aplikasi-penting-pada-laptop-pc-ccleaner
  21. Web cam
  22. Buka spoiler berikut:
    Secara default ketika anda membeli laptop baru dan sudah ada sistem operasi windowsnya, maka webcam anda langsung dapat digunakan. Namun webcam biasanya akan bermasalah dan tidak dapat digunakan ketika anda menginstall windows ulang. Jika demikian maka anda harus menginstal software/driver webcam sesuai dengan merek (tipe) laptop anda agar support dengan spesifikasi laptop anda. Webcam sangat penting manakala anda melakukan video call baik dengan teman anda ataupun dengan rekan bisnis anda. Jika webcam anda bermasalah, anda dapat membuka halaman ini; Cara Install Ulang Windows dan Webcam.
    Buka spoiler berikut:
    program-penting-di-laptop-pc-webcam
    Webcam
  23. Photo Editor
  24. Buka spoiler berikut:
    Meski pekerjaan utama anda tidak ada kaitannya dengan photografi ataupun design, namun kebanyakan orang bergelut dengan image setiap harinya. Perhatikan berapa banyak image foto yang ada pada hp android anda hasil dari selfie. Selain itu andakalanya anda ingin mengedit foto-foto kesukaan anda seperti foto keluarga, foto anak, foto pacar, ataupun foto dari jepretan selama petulangan perjalanan anda. Nah photo editor merupakan aplikasi penting yang sangat anda perlukan di laptop anda untuk keperluan edit photo. Anda dapat menginstall photoshop di laptop/pc anda. Aplikasi photoshop merupakan aplikasi berbayar alias shareware. Untuk aplikasi photo editor free yang cukup powerful anda dapat menggunakan gimp. Silahkan anda ke halaman website ini; download gimp terbaru.
    Buka spoiler berikut:
    photo-editor-terbaik
    PhotoShop Photo Editor

    photo-editor-gratis-free-terbaik
    GIMP Photo Editor

Itulah daftar program gratis yang dapat membantu anda bekerja lebih mudah dengan windows. Semoga informasi tentang program penting apa saja yang harus diinstal dalam laptop bisa bermanfaat untuk anda.

Tentunya selain program yang tertulis di atas, terdapat program utama yang anda gunakan setiap harinya khususnya program/software yang selalu mendukung pekerjaan.

[Update 2015-08]
Jika anda merasa suatu saat program yang anda install pada pc/laptop terlalu banyak, maka anda dapat melakukan shrink (resize) partisi hardisk C dengan tips berikut:
Cara Menambah atau Mengecilkan Drive C


3 comments:

  1. PC ku wondows 7, aku meninstal program secukupnya saja. Yang penting bisa berbrowser itu sudah cukup. Karena waktu didepan komputer semakin tipis. Kesibukan kerja menyita waktu. Web cam sudah jarang aku pergunakan. semenjak ada aplikasi mobile WhatsApp.

    ReplyDelete
  2. Betul kang jangkaru, kesibukan offline kadang sangat menyita waktu, namun untuk hiburan paling tidak harus ada beberapa software pada latop, software wajib diinstal setelah instal ulang windows seperti yang disebutkan di atas sepertinya sangat perlu untuk hiburan seperti video player vlc.

    ReplyDelete
  3. Saat saya menginstall ulang laptop, program yang paling utama harus ada yaitu firefox kalau bisa jangan yang beta tapi final versi dan akan lebih cepat lagi jika dipadukan dengan baidu pc faster, selain itu chrome juga tapi ini jarang saya gunakan karena sudah terbiasa dengan firefox. Program lainnya seperti pada no.1,2,3,4,5,10, 12 mutlak harus ada. Itu kalo saya gan..

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.