Simple blog to share

Tutorial excel kali ini adalah mencari jumlah bilangan kardinal di excel yang dapat dilakukan dengan fungsi/rumus =count( ). Dengan rumus =count( ) anda dapat mencari jumlah banyaknya data yang terdapat pada suatu range/bentangan (array). Cara kerja fungsi ini masih memiliki prinsip yang sama dengan rumus-rumus excel sebelumnya, seperti cara mencari nilai maximum, cara mencari nilai minimum dalam excel, dan cara mencari nilai rata-rata dari data yang ada.

cara-mencari-data-kardinal-di-excel

Pada contoh di bawah ini anda akan ditunjukkan bagimana menghitung jumlah bilangan kardinal  yang ada pada range (array) cell B1 hinnga cell C4.
Hasilnya akan ditempatkan pada cell B5

Berikut merupakan cara untuk mencari jumlah bilangan kardinal dalam bentang data (range) di dalam excel.

  1. Tempatkan pointer pada cell B5, kemudian ketik =count(

  2. fungsi-count-di-excel

  3. Arahkan pointer ke cell B1 dengan keyboard anak panah atas, kemudian tekan Shift sambil arahkan pointer ke bawah hingga ke cell C4 dengan anak-panah kiri & bawah.

  4. Note: Selain menggunakan anak panah untuk mengeblok range data, anda juga dapat menggunakan mouse untuk mengeblok/menyeleksi datanya.

    menghitung-data-kardinal-di-excel

  5. Akhiri rumus yang anda masukkan dengan menekan kurung tutup ) dan tekan Enter
    Lihat hasilnya. Perhatikan tampilan rumus/formula yang tampak pada kolom E.

  6. tutorial-excel-fungsi-count

Mudahkan memanfaatkan fungsi/rumus count untuk menghitung jumlah bilangan (kardinal) dengan excel. Ikuti terus panduan excel dari dasar hingga mahir di halaman tutorial excel ini.
Jika ini bermanfaat buat anda atau pun orang lain di sekitar anda silahkan dishare / diinfokan ke mereka. Semoga bisa lebih bermanfaat.


2 comments:

  1. sangat membantu sekali nih, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba ratna, mudah-mudahan akan saya ulas rumus excel lengkap dengan contohnya secara kontinyu

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.