Simple blog to share

Untuk membuat nomor urut secara otomatis di dalam excel sebenarnya cukup simple dan hanya memilliki 2 langkah saja. Biasanya nomor urut diperlukan ketika nanti anda membuat tabel dalam excel.

Berikut merupakan cara untuk membuat nomor urut pada excel:


Langkah pertama masukkan angka 1 pada cell A1, tempatkan pointer pada cell A2.

membuat-nomor-urut-di-excel


Pada cell A2 ketik tanda sama dengan (=) kemudian arahkan pointer ke cell A1 dengan keyboard anak panah atas, kemudian tambahkan +1 dan tekan Enter.
Maka akan didapat nilai 2



Copy Cell A2 dengan cara Ctrl + C, geser pointer ke cell A3. 
Setelah pointer di cell A3, tekan Shift keyboard dan lakukan seleksi block dengan tombol keyboard panah bawah, kemudian pastekan di cell-cell yang terseleksi dengan cara Ctrl +V.

membuat-nomor-urut-dalam-excel


Lihat hasilnya:

cara-bikin-nomor-urut-dengan-excel

Mudah kan cara membuat nomor urut di excel?


Note - Cara lain meng-copy cell secara cepat dalam excel, yaitu:


cara-bikin-nomor-urut-di-excel


Jadi, prinsip membuat nomor urut adalah nilai sebuah cell ditambah nilai kelipatannya. Pada contoh di atas kelipatannya adalah 1 yaitu dengan menambahkan +1.


Jika misal anda ingin nomor urut kelipatannya adalah 2 maka anda harus menambahkan +2 pada rumus di atas, mengganti =A1+1 (perhatikan gambar ke-2 di atas) menjadi =A1+2. Anda dapat mencobanya mengubah nilai kelipatannya dengan menekan tombol F2 pada cell A2. Kemudian mengcopi ulang hingga cell A15.

Perhatikan hasilnya pada gambar berikut:

trik-bikin-nomor-urut-di-excel


Semoga tutorial excel ini dapat anda pelajari dengan mudah. Jika anda masih merasa bingung pada tahap-tahap awal belajar ms.excel, maka perlu anda baca cara Mengenal Excel.


1 comment:

  1. Kalo tau caranya ternyata gampang ya...
    Thank sob ilmunya. Sangat bermnfaat :)

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.