Simple blog to share

Pada panduan excel kali ini akan dilakukan bagaimana operasi pembagian dengan excel. Agar anda dapat memahami cara kerja excel sengaja pada setiap tutorialnya dilakukan dengan data sesederhana munngkin agar anda tidak bingung pada tahap-tahap awal anda belajar dan mengenal program excel.

Jika anda belum membaca dan mengenal excel pada uraian blog ini silahkan anda baca terlebih dahulu bagaimana seharusnya mengenal excel, silahkan anda buka pada halaman tutorial excel.

OK langsung saja anda mulai latihan dan memahami cara kerja excel dalam operasi pembagian.

Pada bahasan excel ini akan dilakukan pembagian cell B1 yang bernilai 15 dengan pembagi cell B2 yang bernilai 5. Jika anda belum memasukkan data/angka pada cell B1 dan cell B2 silahkan ketikkan masing masing dengan angka 15 dan 5. Kemudian tempatkan pointer pada cell B4.

pembagian-dalam-excel

Pada dasarnya untuk melakukan pembagian dalam excel prinsipnya adalah cell tertentu dibagi cell tertentu: pada contoh tampilan rumusnya adalah =B2/B1.

Caranya:
Tempatkan pointer pada cell B4, ketik =, kemudian geser pointer ke cell B1 dengan keyboard anak panah, ketik tanda pembagi (/), geser lagi pointer ke cell B2, kemudian tekan Enter.

pembagian-di-excel

Lihat hasilnya :

pembagian-dengan-excel

Mudahkan?
Untuk latihan coba anda ubah data pada cell B1 dari nilai 15 menjadi 20, maka cell B4 akan berubah secara otomatis menjadi 4.

Untuk melihat hasil operasi rumus tempatkan pointer pada cell B4 dan tekan F2 (edit), lihat pada baris rumus Fx, seperti pada gambar 2 di atas. Anda dapat memodifikasi rumus excel pembagian tersebut dengan melibatkan cell B3, misalnya dengan mengeditnya menjadi =(B1/B2)/B3 sehingga nilainya menjadi 0.75.

rumus-pembagian-excel


Semoga tutorial dasar excel ini dapat anda pelajari dengan mudah. Tunggu tutorial excel lengkap berikutnya.


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.